Software,freeware,shareware koleksi: FITUR FIREFOX 4 : PRISM, WAVE

20090614

0

FITUR FIREFOX 4 : PRISM, WAVE

Walaupun Firefox 3 masih belum akan diluncurkan sebelum bulan Juni tahun ini, Chris Beard, VP laboratorium Mozilla sudah mulai mengerjakan fitur - fitur yang belum akan anda lihat di Firefox 3, tetapi, apabila semuanya berjalan lancar, akan anda lihat di Firefox 4.

Diwawancarai oleh Webware, Beard mengatakan bahwa filosofinya adalah: "browser perlu ber-evolusi." Beard percaya bahwa konsep browser belum berubah dalam 10 tahun terakhir, masih merupakan sebuah aplikasi yang terisolir. Mozilla Labs berusaha untuk memperluas peran browser untuk membuatnya lebih terintegrasi dengan komputer yang mengoperasikannya, dan juga tergabung dengan pelayanan berbasis web. Dengan ini, browser akan menjadi sebuah perangkat lunak yang bahkan lebih kuat lagi untuk mengoperasikan berbagai jenis aplikasi.

Saat ini, ada dua proyek terpisah yang dijalankan Mozilla untuk mendorong evolusi browser: Prims dan Weave.


Prism
Prism adalah usaha Mozilla untuk me-migrasikan aplikasi keluar dari browser. Bagian dari proyek ini adalah untuk menyediakan engine utama browser bagi para pengembang agar mereka dapat membut produk seperti Zimbra Desktop yang pada intinya adalah sebuah aplikasi web, walaupun tidak terlihat seperti itu.

Impian proyek ini adalah untuk dapat mengubah situs atau aplikasi web apapun menjadi aplikasi yang dapat dijalankan langsung dari desktop. HTML 5, versi HTML terbaru yang memungkinkan browser untuk mengakses sumber daya lokal di komputer pemakai akan memegang peran penting untuk mewujudkan impian ini.

Menurut para eksekutif Mozilla, HTML 5 dan Prism akan mengalahkan teknologi Google Gears, apalagi platform web lainnya seperti Adobe AIR atau Microsoft Silverlight.



Weave
Weave mengembangkan peran browser ke arah yang sebaliknya, tidak ke arah desktop tetapi ke internet. Mozilla menginginkan sejarah browsing pemakai untuk dapat diakses di manapun mereka berada dan hal ini berarti mensinkronisasikan bookmark, favorit, kata kunci ke berbagai aplikasi online dan banyak lagi.

Firefox 3 juga sudah mulai membangun pondasi untuk ini, mengikutkan sebuah database yang menyimpan preferensi dan favorit pemakai. Akan tetapi, di versi 3 mereka masih belum akan mampu melakukan sinkronisasi database ke beberapa browseryang berbeda. Fitur ini akan di-implementasikan di Firefox 4.

Selain itu, Beard juga mengatakan bahwa ia tengah ber-eksperimen dengan beberapa "ide gila" lainnya, tetapi Prism dan Weave adalah dua teknologi yang ditargetkan untuk Fireffox4.


sumber berita

http://www.udaramaya.com/details/2809/Fitur_Firefox_4_Prism_Weave

0 komentar:

Post a Comment